--> Skip to main content

20 Makanan Khas Jogjakarta Yang Di Gemari Para Wisatawan

Makanan Khas Jogja – Bagi para penggemar kuliner, makanan khas Jogja juga dapat menjadi pilihan yang wajib di coba

Selain mempunyai panorama alam yang sangat memukau semacam pantai, makanan khas Jogja juga sangat populer bagi kalangan wisatawan.

Selain enak, tak sedikit juga makanan khas Jogja telah sangat melegenda.

Monggo disimak, 20 makanan khas Jogja yang perlu diketahui.

Tidak hanya mencicipinya, anda pun dapat membawanya pulang sebagai oleh-oleh khas Jogja

20 Daftar Makanan Khas Jogja

  1. Gudeg
  2. Krecek
  3. Bakpia Pathuk
  4. Yangko
  5. Oseng Mercon
  6. Cilok Gajahan
  7. Cenil Jogja
  8. Geplak
  9. Coklat Monggo
  10. Bakmi Jogja
  11. Gatot Gunung Kidul
  12. Walang alias Belalang Goreng
  13. Nasi Tiwul
  14. Sego Abang Jirak
  15. Sayur Lombok Ijo
  16. Bakmi Pentil
  17. Peyek Tumpuk
  18. Mie Des
  19. Kue Adrem
  20. Sate Klatak

1. Gudeg

Makanan Jogja (Gudeg) Image by : Youtube Domo Bramantyo

Anda tentu gak asing kan dengan makanan khas Jogja satu ini. Yup dirinya ialah Gudeg, makanan ini sangat melegenda loh di Jogja.

Makanan yg menjadi tujuan mutlak para wisatawan di Jogja

Anda harus mencoba makanan ini ya jikalau berada di sana, wajib banget pokoknya.

Gudeg mempunyai tiga macam jenis, semacam gudeg basah, gudeg kering dan gudeg manggar.

Anda dapat menemukan makanan ini di beberapa tempat makan

Jadi, bila anda ingin mencoba gak butuh repot-repot mencarinya.

Cabang penjual gudeg pun juga tersedia di beberapa tempat,

Selain anda santap langsung, gudeg ini juga dapat anda bawa untuk oleh-oleh keluargamu di rumah

Anda dapat membeli gudeg kering sebagai oleh-oleh, sebab gudeg kering lebih dapat bertahan lama

2. Krecek

Makanan Jogja (Krecek) Image by : Youtube Mama Adeeva

Makanan khas Jogja selanjutnya yg menjadi favorit para wisatawan ialah sambal krecek.

Biasanya sambal krecek disuguhkan bersama makanan lain semacam gudeg.

Sambal krecek menjadi pendamping harus untuk gudeg sebab pas dengan gabungan kedua rasanya

Gudeg manis berpadu dengan gurih pedasnya sambal krecek.

Krecek sendiri terbuat dari krecek alias kulit sapi, yang diolah dengan beberapa bumbu rempah-rempah.

Di Jogja anda dapat menemukannya di pinggir jalan dan rumah makan

Kebanyakan sambal krecek ini ada pada jam-jam sarapan dan di atas jam 12 malam.

3. Bakpia Pathuk (Pathok)

Makanan Jogja (Bakpia Pathuk/Pathok) Image by : Youtube Resep Papa

Bila jalan-jalan ke jogja, jangan lupa untuk mecicipi jajanan yang satu ini

Anda dapat menemukan banyak sekali penjual yang menjajakan bakpia, salah satunya ialah bakpia pathuk.

Makanan ini merupakan jajanan khas Jogja yang terbuat dari beberapa campuran tepung, gula dan kacang hijau

Bakpia pathuk mempunyai tekstur kulit yg krispi tetapi lembut di dalam, Kekrispian dan kelembutannya tentu bakal menggoyang lidahmu

Bakpia pathuk terdapat dalam beberapa varian semacam kacang hijau, cokelat, durian, keju dan berbagai macam varian rasa lainnya.

Jadi, anda gak bakal bosan untuk menikmatinya

4. Yangko

Makanan Jogja (Yangko) Image by : tandaseru.id

Jajanan satu ini juga menjadi makanan khas Jogja yang tak jarang dicari para wisatawan.

Yangko, makanan ini berbentuk kotak dengan tekstur yang lembut dan kenyal, memiliki rasa manis dengan sedikit rasa gurih

Ciri khas dari yangko ialah taburan tepung di atasnya

Yangko terbuat dari campuran tepung ketan, gula dan kacang kacang tanah, makanan imut ini hampir mirip dengan mochi

Sekarang yangko terdapat dalam beberapa varian rasa, di Joga anda dapat menemukan yangko di beberapa toko oleh-oleh.

Yangko dipasarkan dengan harga bervariasi.

5. Oseng Mercon

Makanan Jogja (Oseng Mercon) Image by : Youtube Arfiani Yanuar

Wah ngeri banget yak mendengar nama makanan satu ini

Nama julukan ini ternyata di ambil dari rasanya yang pedas, banyak sekali orang-orang menyamakan kepedasannya dengan mercon

Mungkin, dari situlah awal mula nama oseng mercon di kenal banyak oleh masyarakat.

Bahan dasarnya sendiri oseng mercon merupakan olahan dari tetelan bagian daging sapi atau kambing.

Kemudian tetelan di masak bersama dengan bumbu, gula merah, cabai dan kecap manis.

Umumnya, oseng mercon dimasak dalam waktu lama agar bumbunya terserap dengan sempurna.

6. Cilok Gajahan

Makanan Jogja (Cilok Gajahan) Image by : Cookpad Dyah Prasetyaningtyas

Sekarang ini di beberapa daerah di Indonesia tentu sudah banyak penjual yang menjual jajanan cilok

Jajan ini umumnya terbuat dari tepung tapioka, selain itu cilok juga memiliki tekstur yang kenyal.

Biasanya di Jogja cilok gajahan diisi dengan daging cincang, makanan ini begitu terkenal di Jogja dan tak sedikit pula di buru oleh wisatawan.

Saking populernya, makanan khas Jogja satu ini mudah anda temukan di beberapa tempat

7. Cenil Jogja

Makanan Jogja (Cenil) Image by : YouTube.com/@Chalistaa Kitchen

Makanan satu ini tergolong ke dalam jajanan tradisional di Jogja. Sepertinya gak hanya di Jogja saja, tetapi cenil telah menjadi makanan khas di pulau Jawa

Cenil umumnya, ialah jajanan yg terbuat dari pati singkong, Disajikan dengan gula yg di cairkan dan taburan parutan kelapa

Rasa manis dan tekstur kenyal agak lengket menjadi ciri khas dari jajan ini, Cenil Jogja dapat anda dapatkan di beberapa tempat yg menjual makanan tradisonal

Anda dapat langsung menemukannya di pasar, sebab cenil identik dengan jajanan pasar

Bila anda ingin makanan khas Jogja, cenil tepat untuk anda nikmati.

8. Geplak

Makanan Jogja (Geplak) Image by : Cookpad Jelita

Geplak merupakan jenis makanan tradisional khas Jogja. Secara umumnya, geplak terbuat dari beberapa adonan tepung, kelapa parut dan gula

Geplak mempunyai tekstur agak kasar yang berbentuk bulat-bulat kecil dengan berbagai tampilan warna-warni

Hal inilah yang membuat geplak menjadi makanan kece serta menggiurkan lidah

Konon geplak tak jarang dipakai sebagai makanan pengganti beras

Namun, kini geplak hanya dikenal sebagai oleh-oleh khas Jogja.

Geplak akan lebih nikmat disantap saat lagi panas-panasnya

Anda penasaran dengan geplak? Anda dapat mendapatkannya di beberapa toko oleh-oleh.

9. Coklat Monggo

Makanan Jogja (Coklat Monggo)
Image by : chocolatemonggo.com

Coklat monggo ialah jajanan ngehit yg harus anda coba, Selain cuma jalan-jalan menikmati keindahan alam Jogja. Cocok sekali buat camilan liburan sebab coklat dapat lebih membuatmu tenang.

Selain itu rasa coklat monggo yg nikmat dapat memberi kesan bahagia.

Anda mau? makanan khas Jogja coklat monggo ini beralamatkan di Jalan Dalem KG III/ 978, Purbayan dan Kotagede. Toko ini buka mulai jam 08.00 hingga 18.00 WIB. Harganya pun bervariasi, tergantung ukuran dan tipe coklatnya.

Anda juga dapat memesan langsung melalui situsnya di chocolatemonggo.com

Mulai dari harga Rp.17.000 hingga Rp.100.000 rupiah (mungkin saat ini harganya sudah berubah)

10. Bakmi Jogja

Makanan Jogja (Bakmi Jowo)
Image by : Youtube Dapur Sehat Mei

Bakmi Jogja alias lebih bersahabat dikenal dengan Mi Jawa ini ialah mie rebus yg diolah memakai beberapa macam rempah khas Jawa.

Namun, gak hanya mie rebus loh, bakmi Jogja juga terdapat dalam bentuk mie goring.

Bakmi Jogja ini terdapat di beberapa tempat jajanan di Jogja.

Ada beberapa tempat bakmi Jogja yang tak pernah sepi pelanggan diantaranya Bakmi Kadin, Bakmi Pak Pele di Alun-alun tahap utara, bakmi Mbah Mo, Bakmi Mbah Hadi Terban dan Bakmi Wito di Desa Piyaman.

Pokoknya anda harus merasakan makanan khas Jogja ini. Siapa tahu jodoh eh. Maksudnya jodoh dengan rasanya yg super duper enak. Yuk buktikan sendiri kenikmatannya.

11. Gatot Gunung Kidul

Makanan Jogja (Gatot Gunung Kidul)
Image by : Youtube DAPUR KAMPUNG

Makanan ini juga ialah makanan tradisional khas Jogja. Umumnya, makanan Jogja ini identik dengan masyarakat daerah Gunung Kidul

Terbuat dari singkong kering alias gaplek Biasanya masyarakat disana mengonsumsi nya sebagai makanan ringan.

Meskipun makanan ini dapat disebut sebagai makanan ndeso, tapi rasa uniknya gak kalah dengan makanan khas Jogja lainnya.

Gatot juga dipercaya baik untuk mengatasi keluhan pencernaan, Makanan fermentasi dan tahan lama kenyang ini argumen mengapa gatot menjadi makanan yg menyehatkan.

Yuk, segera dicoba gatot gunung kidulnya, Anda orang-orang Jawa tapi gak sempat makan gatot tentu bakal nyesel seumur nasib deh.

12. Walang (Belalang Goreng)

Makanan Jogja (Walang Goreng)
Image by : goodnewsfromindonesia.id

Ternyata di Jogja juga ada loh makanan ekstrim semacam belalang goreng, Meski ekstrim makanan satu ini juga tak sedikit diburu oleh wisatawan.

Belalang goreng sendiri ialah makanan orisinil masyarakat Gunung Kidul, Gimana ya rasanya? Bayangin aja udah ngeri gitu kok.

Jangan asal geli dulu, sebab belalang goreng tak sedikit mengandung gizi untuk tubuh loh. Belalang mempunyai kandungan protein yg tinggi untuk pertumbuhanmu.

Jadi, tidak hanya anda senang sebab jalan-jalan di Jogja, anda dapat tetap sehat loh dengan mengonsumsi belalang goreng ini.

13. Nasi Tiwul

Makanan Jogja (Nasi Tiwul)
Image by : Youtube lidah medok

Nasi yg satu ini terbukti telah sangat terkenal di Jawa, tergolong di daerah Jogja, Nasi tiwul juga lekat dengan masyarakat Gunung Kidul loh

Terbuat dari tepung gaplek yang telah dikeringkan.

Dulu, masyarakat Gunung Kidul mengonsumsi nasi tiwul sebagai makanan pokok bagi mereka.

Bahkan, ada yg berpendapat bahwa nasi tiwul makanannya orang-orang miskin.

Namun, kini tiwul menjadi makanan umum bagi setiap orang-orang di Jawa, biasanya, makanan khas Jogja ini dapat dikonsumsi pribadi dengan parutan kelapa

Ada juga yg mengonsumsi tiwul dengan masakan lainnya.

14. Sego Abang Jirak

Makanan Jogja (Sego Abang Jirak)
Image by : infowarungnasi.blogspot.com

Makanan berikut ini juga ialah makanan khas Jogja terutama masyarakat Gunung Kidul, Sego abang jirak dipercaya sebagai makanan yg mempunyai kandungan gizi dan menyehatkan

Bahan dasarnya berupa beras merah yang mengandung banyak protein.

Sego abang jirak ini biasanya disantap dengan masakan pendamping lainnya, Anda dapat menyantapnya dengan sayuran atau belalang goreng.

Karena rendahnya kandungan karbohidrat, sego abang jirak pas buat anda yg sedang menjalankan program diet.

Sego abang jirak juga terbuat dari beras merah berkualitas loh.

15. Sayur Lombok Ijo

Makanan Jogja (Sayur Lombok Ijo)
Image by : Youtube Dapur Wandi

Sudah tau makanan yang satu ini?

Sayur ini berbahan dasar Lombok ijo, Sayur lombok ijo dimasak dengan kuah santan kental dengan tambahan bumbu semacam tumisan bawang merah, bawang putih, kemiri, jahe, lengkuas dan beberapa rempahan lainnya.

Selain itu sebagai pelengkapnya ditambah dengan tempe secukupnya.

Cara menyantap sayur lombok yg gurih dan pedas ini dengan nasi yg tetap hangat.

Anda juga dapat menikmatinya dengan kerupuk sebagai penambah cita rasa di mulut.

Lebih enak lagi bila anda menyantapnya bersama dengan keluarga, dan orang-orang tercinta loh

Penasaran seberapa pedas rasanya makanan khas Jogja ini? Buktikan sendiri

16. Bakmi Pentil

Makanan Jogja (Bakmi Pentil)
Image by : makananoleholeh.com

Makanan khas Jogja ini terbilang lumayan unik. Mie ini mempunyai ukuran panjang dan agak besar.

Bahkan, mie nya mempunyai dua warna tak sama yakni kuning dan putih.

Itulah yg membedakan mie pentil dengan mie lainnya, Kenapa dinakaman pentil? Ada yg menyatakan itu sebab mie nya mempunyai tekstur kenyal.

Anda harus banget ngerasain keunikan rasa mie pentil. Jangan Cuma di bayangin saja ya! anda pun dapat menikmatinya dengan olahan masakan lain semacam gudeg dan krecek.

Mie pentil juga lebih nikmat bila dikonsumsi dengan masakan yg berkuah-kuah dan pedas. Wah dijamin bakal membuatmu ketagihan.

17. Peyek Tumpuk

Makanan Jogja (Peyek Tumpuk)
Image by : jogja.tribunnews.com

Makanan khas Jogja selanjutnya ialah peyek tumpuk

Kenapa namanya peyek tumpuk?

Itu sebab peyek tumpuk ini berbentuk lingkaran jadi kacangnya juga bertumpuk-tumpuk.

Inilah yangg membedakan peyek tempuk dengan peyek lainnya.

Meski begitu bahan dasarnya sama dengan peyek pada umumnya.

Nah, bagi anda penggemar jajajan peyek, cobalah untuk menikmati gurih dan kriuknya peyek tumpuk

Gurih dan kriuknya tentu bakal memanjakan lidahmu.

Selain dapat dinikmati langsung, peyek tumpuk dapat anda jadikan pendamping makanan lain loh.

Anda dapat menemukan peyek tumpuk di beberapa sentra oleh-oleh khas Jogja.

18. Mie Des

Makanan Jogja (Mie Des)
Image by : masakanku.netlify.app

Mie des ini tetap kerabat dekat dengan Mie Pentil, Mi des sendiri ialah singkatan kata dari bakmi pedes.

Makanan ini ialah makanan khas masyarakat Pundong. Umumnya, mie des terbuat dari pati ketela.

Tekstur mie des lebih kenyal dan mempunyai ukuran lebih besar.

Cara penyajian mie ini lumayan sederhana, Hanya dengan mengiris lalu di campur dengan beberapa macam masakan lainnya.

Biasanya mie des ini dinikmati saat bersama kuah bakmi pada umumnya

Kombinasi pas antara kuah bakmi yg gurih dengan bakmi yg kenyal membikin makanan khas Jogja ini begitu sempurna.

Anda penasaran kan dengan rasa mie des? Silakan dicoba sendiri kelezatan dan kenyalnya

Pasti anda gak bakal nyesel menikmatinya

19. Kue Adrem

Makanan Jogja (Kue Adrem)
Image by : posmetro-medan.com

Makanan ini sangat begitu unik di daerah Jogja dan sekitarnya.

Kue adrem sendiri ialah makanan yg bersumber dari daerah Sanden Bantul, Berbahan dasar tepung beras dan gula jawa merah yg diolah bersama kemudian digoreng.

Kue ini mempunyai rasa manis gurih dan legit.

Kue adrem juga tak jarang disebut sebagai tholpit alias kont*l kejepit.

Memang sedikit saru, tetapi soal rasa jangan diremehkan ya! sekali anda nyoba kudapan manis ini, rasa manisnya bakal membuatmu gak dapat move.

20. Sate Klatak

Makanan Jogja (Sate Klatak)
Image by : meliwistransport.com

Makanan khas Jogja terbaru rekomendasi dari kami yg harus anda coba ialah sate klatak.

Sate klatak berbahan dasar daging kambing muda. Makanan ini merupakan masakan orisinil Bantul yg berada di tempat Jejeran, Plered.

Nama klatak sendiri bersumber dari suara “klatak-klatak” ketika daging dipanggang di arang.

Anda dapat menikmati sate klatak dengan campuran kuah gulai.

Apalagi anda dapat menikmatinya bersama keluarga, sahabat atau teman dekatmu.

Rasa sate klatak yg lezat dipadu dengan gurihnya kuah kental gulai bikin anda tambah semangat menjalankan liburan mu di Jogja.

Penutup

Sudah dulu ya ulasan makanan khas Jogja nya, semoga berguna untuk menolong menemukan makanan yg endes-endes di Jogja

Intinya, apa pun makanannya, anda harus tetap bahagia.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar