--> Skip to main content

Manfaat Buah Naga Merah Dan Mengkudu (Pace)

Anda pasti mengenal dua jenis buah ini, namun tahukah Anda mengapa mereka demikan populer dalam dunia kesehatan?

Buah naga merah mengandung lycopene dalam kadar tinggi berguna untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Zat antioksidan dalam buah naga merah sangat berguna untuk menjaga daya tahan (sistem imun) tubuh kita.

Mempunyai daya tahan tubuh yang kuat merupakan syarat utama untuk penangkal radikal bebas. Hal ini merupakan salah satu penyebab utama penyakit kanker.

1. Buah Naga Merah

Menurut hasil penelitian dari organisasi, buah naga merah ini, buah kaktus madu ini cukup kaya dengan berbagai zat vitamin dan mineral dapat sangat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan bermanfaat bagi metabolisme dalam tubuh manusia.

Penelitian memberitahukan hasil, bahwa buah naga merah ini sangat baik untuk sistem pada peredaran darah, selain itu juga memberikan efek mengurangi tekanan emosi dan menetralkan toksik pada peredaran darah.

Buah-Buahan

Hal ini juga menunjukkan buah ini dapat mencegah kanker pada usus

Setiap buah naga merah mempunyai kandungan protein memberikan peningkatan metabolisme pada tubuh dan serta dapat menjaga kesehatan jantung, mencegah kanker usus, kencing manis, dan karotin baik untuk menjaga kesehatan mata, menguatkan otak dan mencegah masuknya berbagai penyakit, serta senyawa kalsium dapat menguatkan tulang.

Buah naga juga mengandung Zat Besi untuk menambah darah, vitamin B1 (mencegah demam badan) vitamin B2 (menambah selera) vitamin B3 (menurunkan kadar kolesterol) dan vitamin C (menambah kelicinan kehalusan kulit serta mencegah jerawat)

Menurut Lanita Somali Msc (Kepala Unit Penelitian) biji buah naga memiliki kaya akan lemak tak jenuh ganda sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung, mengikat kolesterol di dalam tubuh, penyeimbang kadar gula darah, menormal kan kadar gula, dapat mengurangi tekanan emosi, dan juga menetralkan racun dalam darah.

2. Mengkudu (Pace)

Buah mengkudu atau noni atau pace disebut sebagai buah ajaib karena banyak khasiatnya.

Walaupun masyarakat Indonesia sudah akrab dengan khasiatnya sejak lama, namun popularitas buah berbau menyengat ini baru meluas beberapa tahun belakangan.

Secara keseluruhan, mengkudu adalah buah yang bergizi lengkap. Zat nutrisi dibutuhkan tubuh seperti protein, vitamin, dan mineral penting, tersedia dalam jumlah cukup pada buah dan daunnya.

Jenis senyawa yang terdapat di dalam mengkudu termasuk: xeronine, plant sterois, alizarin, lycine, sosium, caprylic acid, arginine, proxeronine, antra quinines, trace elements, phenylalanine, magnesium, dll.

Penelitian ilmiah telah dilakukan oleh para ilmuwan dari University of Hawaii dan Louisiana State University menemukan bahwa kandungan zat alizarin dan damnacanthal terdapat dalam buah mengkudu dapat berfungsi sebagai pencegah kanker dan tumor.

Kedua zat ini membunuh sel-sel kanker atau tumor sebelum sel-sel tersebut meluas

Buah bernama latin Morinda citrifolia ini juga dijadikan sebagai obat tradisional insomnia karena mengandung melatonin dan serotonin yang bekerja secara bersamaan untuk memperbaiki kualitas tidur pengidap Insomnia.

Mengkudu juga memiliki senyawa morindin berkhasiat untuk meningkatkan sistem pertahanan tubuh sehingga tubuh tidak sering terserang penyakit.

Selain itu, mengkudu juga mengandung alkaloid triterpenoid membantu dalam proses sintesis organik dan pemulihan sel-sel tubuh.

Mengkudu merupakan salah satu buah sangat berpotensi untuk menekan penyakit ginjal akibat diabetes. Hal ini berdasarkan penelitian Indranila K. Samsura dari (Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro) mencoba mengekstrak mengkudu pada tikus percobaan.

Hasilnya, hasil ekstrak mengkudu ternyata mampu memperbaiki fungsi ginjal yang sudah rusak.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar